TEKNIK MELUKIS GAYA PENGOSEKAN

Main Article Content

I Nyoman Gede Bendesa Putra
Ni Putu Laras Purnamasari
I Putu Karsana

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang teknik melukis gaya Pengosekan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah sejarah perkembangan teknik melukis Pengosekan dan tahap dari teknik melukis Pengosekan. Teori-teori yang digunakan meliputi, teknik melukis tradisional, teknik melukis Pengosekan, gaya, dan pengosekan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa hasil wawancara dengan I Gusti Putu Sana, Dewa Putu Sena, dan I Ketut Muliasta. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tahapan teknik melukis gaya Pengosekan memiliki dua tahap dalam proses pengerjaannya, yaitu proses mempersiapkan alat dan bahan serta proses melukis gaya Pengosekan. Alat-alat yang diperlukan dalam melukis gaya pengosekan terdiri dari pensil, penghapus, pena bambu, kuas bambu, kuas bulu kau-kau atau batok kelapa, dan drawingpen. Bahan yang digunakan dalam pembuatan lukisan gaya Pengosekan yaitu mangsi atau tinta cina, warna, dan kanvas. Adapun tahapan melukis gaya Pengosekan yaitu: membuat sketsa, nyawi, nyelah, ngabur atau ngeskes, ngucek, nguwap, dan nyenter.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, I. N. G. B. ., Purnamasari, N. P. L. ., & Karsana, I. P. . (2022). TEKNIK MELUKIS GAYA PENGOSEKAN. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 42-53. https://doi.org/10.5281/zenodo.7080975
Section
Articles

References

Adnyana, K. (2018). Pita Maha:Gerakan Sosial Seni Lukis Bali 1930-an . Jakarta : Kepustakaan Populer Gramadia .

Agung. B.W. (2020) I Gusti Ketut Kobot, Bonnet, dan Perkumpulan Seniman Pitamaha. Diakase pada 01 Juli 2022 (http://surgabudaya.blogspot.com/2012/03/i-gusti-ktut-kobot-bonnet-dan.html?m=1)

Horstman, R. (2019 ). Ubud Diary:Celebrating The Ubud School Of Paninting-The Diversity Of Visual Language. Ubud : Ubud Diary.

Karang, D. (2021). Perkembangan Seni Lukis Flora Dan Fauna Pengosekan . Batarirupa , 89-104.

Laras, A. (2019). Unsur Visual Seni Lukis Flora Dan Fauna Pengosekan Pada Seni Kerajinan Batu Padas Di Desa Singapadu . Stilistika , 122-133.

Padmasari, D. A. (2016 ). Kamus Bali-Indonesia Bidang Seni Lukis Tradisional Bali . Humanis , 162-170 .

Sofyan, S. H. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa . Makassar: Media Sembilan Sembilan .

Sucipta, A. (2012 ). Pita Maha Koalisi Estetika Bali Dengan Seni Rupa Modern. ARS Jurnal Seni Rupa & Desain , 06-15 .

Sugiyono. (2020 ). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif . Bandung : Alfab