PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MENARIKAN TARI CILINAYA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SELAT KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ni Luh Putu Sintia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Gede Putra Wijaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Komang Indra Wirawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7033683

Keywords:

Media Audio Visual, Tari Cilinaya

Abstract

Media Pembelajaran Audio Visual ini sangat membantu penulis dalam meningkatkan prestasi menarikan tari Cilinaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah penerapan pembelajaran siswa dikelas dalam menarikan tari Cilinaya secara demonstrasi. Sehingga pada penelitian ini digunakan untuk memudahkan siswa mengikuti proses pembelajaran di kelas. Tujuan yang terdapat yaitu untuk mengetahui sejauh mana media audio visual dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menarikan tari Cilinaya kelas IX A SMP Negeri 2 Selat Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu uraian data-data yang didapat dari observasi, wawancara dan tes tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi menarikan tari Cilinaya siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Selat Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari nilai prasiklus skor rata-rata 68,14 dengan predikat cukup, meningkat pada siklus I skor rata-rata 69,07 predikat cukup baik dan pada siklus II skor rata-rata 92,59 dengan predikat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono , Supradi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Anggara Kusuma 2020. Pengunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan menarikan Tari Sekar Ibing dalam kegiatan ekstrakurikuler tari siswa SMP Ganesha Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Anandakusuma.1986. Kamus Bahasa Bali. Penerbit Cv. Kayumas Agung.

Arsyad,Azhar. 2019. Ragam media pembelajaran. Literasi Nusantara.

Djayus,Nyoman.1980. Teori Tari Bali. Denpasar: Sumber Mas Bali

Dibia, I Wayan. 2018. Seni Tari Bali. Denpasar : Penerbitan ISI

Ekayanthi.2011. Jurnal Ilmiah Seni Tari.

Pratiwi, Ni Kadek Bintarini. 2013. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Tari Belibis Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014

Pande,2021. Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menarikan Tari Panji Semirang Kelas X Babud ( Bahasa dan Budaya) Di SMA Negeri 2 Sukawati Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sugiyono, Dr. prof. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet Bandung.

Umadewi 2020, Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menarikan Tari Cendrawasih dalam Ekstrakurikuler Siswa kelas X SMK Penerbangan Cakra Nusantara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Undang-Undang Nomor. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2022-04-30