TARI REJANG TAMAN SARI DALAM PIODALAN DI PURA TAMAN SARI DESA PADANGSAMBIAN SEBUAH KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

Ni Ketut Budiartini
Ni Made Pira Erawati
Komang David Darmawan
Komang Dewanta Pendit

Abstract

Tari Rejang Taman Sari merupakan sebuah tari wali yang ada di Pura Taman Sari Padangsambian, yang memiliki karakter lemah lembut. Tari Rejang Taman Sari merupakan salah satu tarian yang  pertama kali di tarikan dan diterbitkan melalui video pada  piodalan di Pura Taman Sari Desa Padangsambian.


Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan bentuk dan nilai pendidikan karakter dalam tari Reajang Taman Sari pada piodalan di Pura Taman Sari Desa Padangsambian Dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu, teori nilai, pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter, filosofi tari Rejang Taman Sari, ragam gerak tari Rejang Taman Sari, tata rias dan busana tari Rejang Taman Sari.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam  menganalisis data adalah metode analisis isi.


Bentuk tari Rejang Taman Sari meliputi penari Rejang Taman Sari, struktur pola lantai tari Rejang Taman sari, dan ragam gerak tari Rejang Taman sari. Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tari Rejang Taman Sari pada piodalan di Pura Taman Sari Desa Padangsambian meliputi nilai religius, nilai kreatif, nilai tanggung jawab, dan nilai keindahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Budiartini, N. K., Erawati, N. M. P., Darmawan, K. D., & Pendit, K. D. . (2020). TARI REJANG TAMAN SARI DALAM PIODALAN DI PURA TAMAN SARI DESA PADANGSAMBIAN SEBUAH KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 1(2), 149-160. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v1i2.1770
Section
Articles

References

Bandem, 1985. Pengembangan Tari Bali. Artikel Jurnal. Denpasar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Pendidikan Tinggi Proyek pengembangan IKI./Bagian Proyek Pengembangan ASTI Denpasar.

Dibia, 1979. Mengenal Beberapa Tari-Tarian Rakyat di Bali: Proyek Pengembangan Institut Kesenian Indonesia Jakarta Sub/Bagian Proyek ASTI Denpasar.

Fathurrohman, Dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Repika Aditama.

Indra Dewi, Ni Kadek Mia. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Batik Tulis di Widya Batik Ubud, Bali”. Skripsi (tidak diterbitkan). Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Mudyahardjo, Redja. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Pengertian Gerak Tari. Tersedia di: https://brainly.co.id/tugas/10782266, (diunduh pada tanggal 4 Juni 2021).

Pengertian Nilai Estetika. Tersedia di: https://brainly.co.id/tugas/13217021, (diunduh pada tanggal 4 Juni 2021).

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Tersedia di: https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21410160019.pdf.(diunduh pada tanggal 8 Maret 2021).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alpabeta.

Suwija, Dkk. 2020. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Analisis Satua. Denpasar: Pelawa Sari.

Yuda Ariawan, I Wayan Gede. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Wijaya Kusuma Dari Kamar Nomor Tiga Karya Maria Matildis Banda”. Skripsi (tidak diterbitkan). Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Yudabakti, Watra. 2007. Filsafat Seni Sakral Dalam Kebudayaan Bali. Surabaya: Paramita.

Yulianti, Dkk. 2015. Inovasi Pengajaran Tari Bali dan Jawa Dengan Bahasa Indonesia dan Inggris. Denpasar: Institut Seni Indonesia.

Yuni Egantari, Ni Wayan. 2020. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tari Sunaryanam Widya Anandam di SMP Sunari Kuta Tahun 2019”. Skripsi (tidak diterbitkan). Denpasar: IKIP PGRI Bali.