BENTUK DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN TARI PERTIWI JATI DALAM UPACARA PERANG TIPAT BANTAL (ACI RAH PENGANGON) DI DESA ADAT KAPAL

Authors

  • I Gusti Ayu Sukma Yanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Pande Wayan Bawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Rahma Putra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Perang Tipat Bantal, Tari Pertiwi Jati, Nilai-Nilai Pendidikan.

Abstract

Upacara Perang Tipat Bantal (Aci Rah Pengangon) di Pura Desa Adat Kapal. Pada sebuah ritus ini muncul banyaknya karya seni salah satunya yaitu karya tari Pertiwi Jati. Penelitian dengan judul Karya Tari Pertiwi Jati . Tujuan penelitian ini adalah keberadaan Tari Pertiwi Jati dalam Upacara Perang Tipat-Bantal (Aci Rah Pengangon) di Pura Desa Adat Kapal.

            Berdasarkan analisa yang dibuat dapat di simpulkan bahwa tari Pertiwi Jati terinsipirasi dari tradisi perang Tipat Bantal di Desa Adat Kapal, Mengwi, Badung. Tipat dan bantal sebagai simbolisasi purusa-pradhana.Pada Karya Tari Pertiwi Jati yang terinspirasi dari Upacara Perang Tipat Bantal ini telah berhasil mencetak kejuaraan ditingkat Nasional. Di samping itu, Karya Tari Pertiwi Jati dalam Upacara Perang Tipat Bantal ini mengandung unsur nilai-nilai pendidikan, diantaranya nilai sosial, nilai religius, nilai estetika, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek .Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin, 2001. Metodelogi Penelitian. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, Ni Made Ayu Candra. 2017. TP, Tradisi Perang Tipat Bantal Di Pura Puseh-Bantal Desa Adat Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, 274-277.

Hadi, Sumandiyo. 1996. Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok.Yogyakarta: Manthili.

Putra, Agung Rahma. 2013. TP, Bentuk Dan Fungsi Upacara Perang Tipat Bantal, 1-55.

Sendra, I Made, dkk.2019, Journal of Bali Studies, Reproduksi Makna dan Fungsi Turistik Praktik Ritual Perang Ketupat di Desa Kapal, Badung, 20884443 2580-0698.

Published

2021-10-29