EKSISTENSI SENI PERTUNJUKAN DRAMATARI ARJA RRI DENPASAR PADA MASYARAKAT BALI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Article Content

Ni Putu Novia Ariani
I Made Suarta
I Wayan Sugama

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai keberadaan Dramatari Arja RRI Denpasar di era revolusi 4.0. Sajian virtual tidak menutupi dari keberadaan Arja RRI Denpasar semakin berinovasi, berkarya dengan memanfaatkan era revolusi industri 4.0. Dengan mengangkat dua permasalahan pokok, yaitu tentang keeksistensian seni pertunjukan dramatari Arja RRI Denpasar pada masyarakat Bali di era revolusi industri 4.0, serta peran era revolusi industri 4.0 dalam menunjang keeksistensian dramatari Arja RRI Denpasar. Memiliki tujuan yaitu untuk menjawab semua rumusan masalah. Menggunakan teori dramatari, teori arja, teori eksistensi, dan teori revolusi industri 4.0. Menggunakan metode yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumen. Kesimpulan penelitian ini menawarkan bahwa keeksistensian Arja RRI Denpasar pada era revolusi industri 4.0 sangat berkaitan dengan kecendrungan masyarakat Bali yang saat ini lebih berbalut dengan interkonektifitas. Dalam pertunjukannya selalu berisi ilmu pendidikan, hiburan, serta pelestarian bentuk arja gede melalui gerak tari pengarjaan, tembang yang sarat akan makna dan informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariani, N. P. N. ., Suarta, I. M., & Sugama, I. W. . (2021). EKSISTENSI SENI PERTUNJUKAN DRAMATARI ARJA RRI DENPASAR PADA MASYARAKAT BALI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 1(2), 35-49. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v1i2.1759
Section
Articles

References

Arbiota, Alan Budi. 2011. Dramatari. Tersedia pada https://id.scribd.com/doc/65783077/Drama-Tari. (25 Desember 2020).

Chulsum Umi dan Windy Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko

Dibia, I Wayan. 2017. Arja Anyar Seni Tradisi yang Dibarukan. Denpasar: CakraPress.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Predana MediaGroup.

Muada, I Ketut. 2019. “Retorika Dalam Ragam Tutur Tembang Pementasan Dramatari Arja “. Widyadari :Jurnal Pendidikan.

Pratyahara, Dayu. 2020. Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Rumasih, I Wayan. 2010. Arja Muani Akah Canging Sebagai Seni Hiburan. Tesis (tidak diterbitkan). Program Studi Magister (S2) Kajian Budaya. Universitas Udayana.

Soedarsono, R.M. dan Tati Narwati. 2011. Dramatari di Indonesia, Kontinuitas dan Perubahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suriadi, Ni Wayan. 2005. Drama Tari Prembon Di Desa Pekraman Kebon Lenganan Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. IKIP

PGRI Bali.