KEMAMPUAN MENARIKAN TARI KALI KREASI KALI MUSADA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA

Main Article Content

Ariska Marsintya Dewi Putu
Bawa Pande Wayan
Puspawati Gusti Ayu Made

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui kemampuan menarikan Tari Kreasi Kali Musada dalam kegiatan Ekstrakurikuler tari oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah metode empiris, gejala yang diteliti mengenai Tari Kali Musada memang telah diajarkan, dengan metode pembelajaran yang sama, sehingga semua siswa dapat perlakuan yang sama di dalam proses pembelajaran Tari Kali Musada dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 2 Kuta tahun ajaran 2017/2018. Dapat ditarik suatu kesimpulan, yaitu: Kemampuan Menarikan Tari Kreasi Kali Musada dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kuta Tahun Ajaran 2017/2018 dikategorikan baik. Hal ini dibawah dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 66,5 dibulatkan menjadi 67.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putu, A. M. D., Pande Wayan, B., & Gusti Ayu Made, P. (2021). KEMAMPUAN MENARIKAN TARI KALI KREASI KALI MUSADA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 1(1), 99-114. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v1i1.1613
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arini, Ni Ketut. 2012. Teknik Tari Bali. Denpasar: Yayasan Tari Bali Warini

Arcana, I Nyoman. 2015. Buku Ajar Seni Tari-Drama. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Artika, I Ketut. 1984.“Pendidikan Seni Tari”. Bali: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Bandem, I Made. 1983. “Ensiklopedi Tari Bali” .Denpasar: ASTI Denpasar

Bandem, I Made. 2013. Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: BP STIKOM BALI

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Cerita,I Nyoman dan Istri Putra Padmini.2009. “Analisis Tari dan Gerak”. Denpasar: ISI Denpasar.

Dewi, Karunia. 2015. “Kemampuan Menarikan Tari Maskot Sunaryanam Widya Anandam Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler SMP Sunari Loka Kuta Tahun Pelajaran 2014/2015”. Denpasar: Skripsi Mahasiswa IKIP PGRI BALI

Dibya,Wayan. 1977. “Perkembangan Seni Tari di Bali”. Denpasar: Proyek Sasana Budaya Bali.

Direktorat Kesenian. 1986. “Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari”.Jakarta : Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta.

Djayus,Nyoman. 1979. Teori Tari. Bali: CV Sumber Mas Bali.

Gunartha, I Wayan. 2009. “Evaluasi Pembelajaran” .Denpasar: FPBS IKIP PGRI Bali.

Jusnaedi, Muliadi. 2015. “Kemampuan Menarikan Tari Jnana Dipa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Siswa SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2014/2015”. Denpasar: Skripsi Mahasiswa IKIP PGRI BALI

Mardalis. 2006. Metode Penelitian: suatu pendekatan proposal/Mardalis. Jakarta: Bumi Aksara

Moeliono, Anton M. 1983. Bahasa dan Struktur Sosial. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Muslich, Mansur. 2007. KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Paduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Pers.

Sari, Orhitra. 2015. “Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Menarikan Tari Sekar Jepun dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Tari Siswa SMP PANCASILA, Canggu Kuta Utara Badung. Skripsi Mahasiswa IKIP PGRI BALI

Setyosari, Punaji. 2010.Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sedyawati, Edi. 2012. Budaya Indonesia Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soedarsono. 1978. “Diktat Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari”. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Soedarsono.1972. Djawa Dan Bali . Jogjakarta:Gadjah Mada University Press.

Soehardi. 2003. Esensi Perilalu Organisasional. Yogyakarta: Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung

Sukardi. 2003.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutirna.Samsudin. 2015. Landasan PendidikanTeori dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama

Yulianti, Eka. 2014. “Kemampuan Menarikan Tari Wiraning Putri Dalam Ekstrakulikuler Siswa Kelas X SMK Wira Harapan Tegal Jaya Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014” Denpasar: Skripsi Mahasiswa IKIP PGRI BALI