PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR TAS OLEH SISWA KELAS IV SD N 18 SESETAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian siswa kelas IV SD N 18 Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan mampu meningkatkan kemampuan menggambar tas dengan menerapkan metode drill. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini (1) teori observasi, (2) metode drill, pemberian tugas. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV SD N 18 Sesetan Denpasar Kecamatan Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan rumus analisis deskriptif kuantitatif dengan penggunaan mean untuk mengetahui hasil prestasi siswa dalam setiap siklus. Dalam istilah sehari-hari disebut dengan angka rata-rata, sehingga didapat pada Siklus I yaitu: 70,84, dengan ketagori baik. Sedangkan pada Siklus II yaitu: 77,68 dengan kategori sangat baik. Jadi kenaikan prestasi siswa menunjukkan hasil menggambar tas yang baik didalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Yaitu siswa dapat lebih disiplin dan bisa bertanggung jawab akan tugas yang diberikan oleh guru, suasana kelas menjadi menyenangkan.
Downloads
Article Details
References
Anas Sudjono. 1985. Statistik Dasar. PT. Bima Aksara : Jakarta.
Agung, A.A. 2003. Metologi Penelitian. FIP IKIP Negeri : Singaraja.
Fajri, E.Z. dan Senja, R.A. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.
Nooryan Bahari, 2008, Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana, PPN. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Rudi, 2008, Pengertian Kuesioner . (https://alfside.wordpress.com/2008/10/28/ pengertian-kuisionerSuugeonoum.blogspot.com:2017
Santoso, 2017, Pedoman Kriteria PAP Skala Seratus. (http://www. suugeonoum. blogspot.com:2017, Diakses pada 2 Desember 2017.
Santoso, 2017, Pedoman Kriteria PAP Skala Seratus. (http://www. suugeonoum. blogspot.com:2017, Diakses pada 2 Desember 2017.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.