PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MELUKIS BUNGA MAWAR SISWA KELAS XI LUKIS SMK NEGERI 1 SUKAWATI

Main Article Content

I Dewa Made Jaya Anjasmara
Sujana I Made
I Putu Karsana

Abstract

Prestasi melukis bunga mawar siswa kelas XI Lukis Modern rendah. Hal tersebut mendasari penulis meneliti penerapan metode student teams achievement division untuk meningkatkan prestasi melukis bunga mawar. Permasalahan dalam penelitian ini, apakah penerapan metode student teams achievement division dapat meningkatkan prestasi melukis bunga mawar dan respon siswa kelas XI Lukis Modern SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian pustaka dan teori-teori. Subjek penelitian 15 dan dilaksanakan dua siklus. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian menggunakan tes dan observasi. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian refleksi awal nilai rata-ratanya 65, siklus satu 79 dan siklus dua 85,33. Hasil observasi respon siswa nilai rata-ratanya pada siklus satu 76,33 dan siklus dua 86,67. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode student teams achievement division dapat meningkatkan prestasi melukis bunga mawar dan respon siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anjasmara, I. D. M. J., I Made, S., & Karsana, I. P. (2021). PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MELUKIS BUNGA MAWAR SISWA KELAS XI LUKIS SMK NEGERI 1 SUKAWATI. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 1(1), 19-33. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v1i1.1603
Section
Articles

References

Arsana, Banu. 2013. Seni Lukis Realis 2. Yogyakarta : Depdikbud.

Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ferdiana, Maria Dwi. 2014. Menggambar Dekorasi Interior dan Desain Eksterior Rumah Tinggal. Yogyakarta : Taka Publisher.

Kartika, Sony Dharsono dan Prawira, Nanang Ganda. 2004. Pengantar Estetika. Bandung : Rekayasa Sains.

Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Bandung : Kata Pena.

Nurkancana, dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Mikke. 2011. Diksi Rupa (Dicti Art Lab). Yogyakarta : Jagad Art Space.

Taniredja,Tukiran.2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.

Wartono, Teguh. 1984. Pengantar Pendidikan Seni Rupa. Yogyakarta : Yayasan Kanisius.

Widodo, 1987. Seni Rupa 1. Yogyakarta : PT. Intan Klaten.