KEMAMPUAN MEMOTRET HUMAN INTEREST OLEH SISWA KELAS XI DKV SMK NEGERI 1 SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR

Main Article Content

I Ketut Adi Eka Purnama
Adiputra Agus Mediana
I Nyoman Putrayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan memotret human interest oleh siswa kelas XI DKV di SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI DKV SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 dalam memotret human interest, dan mengetahui faktor – faktor penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI DKV SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 dalam memotret human interest. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian adalah kemampuan memotret human interest oleh siswa kelas XI DKV SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 tergolong dalam kriteria baik dengan nilai rata-rata siswa 84. Kesulitan yang dialami siswa dalam memotret human interest adalah dalam aspek warna. Faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam memotret human interest yakni sarana yang ada untuk memotret terbatas, objek yang dipotret tidak bervariasi dan siswa kurang menguasai kamera seperti pengaturan ISO, fokus perhatian, komposisi dan warna.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purnama, I. K. A. E., Agus Mediana, A., & Putrayasa, I. N. (2021). KEMAMPUAN MEMOTRET HUMAN INTEREST OLEH SISWA KELAS XI DKV SMK NEGERI 1 SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR . Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v1i1.1601
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Ma’mur Jamal.2011. Metodelogi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Asrori, Muhammad.2014. Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dharmawan. 2014. Belajar Fotografi Dengan Kamera DSLR. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Giwanda Griand. 2002. Panduan Praktis Menciptakan Foto Menarik. Jakarta: Puspa Swara.

Kindarto, Asdani. 2016. Street Photography. Yogyakarta: Andi Smit Dev Community.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Nurkancana, Wayan Dan PPN Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Pujiyanto.2008. Teknik Grafis Komunikasi Jilid I untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sanjaya, Wina. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Rawamanguan: Prenadamedia Grup.

Setiadi, Teguh. 2017. Dasar Fotografi. Yogyakarta : Andi.

Sudarmaji. 1979. Dasar-dasar Kritik Seni Rupa. Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta, Dinas Museum dan Sejarah.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan (R&D)). Bandung: CV. Alfabet.

Sujarweni, Wiratna.2014. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanto, Astrid. 1984. Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : Bina Cipta.

Usman dan Purnomo. 2011. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Valenzuela, Roberto.2012. Belajar Sendiri Menguasai Fotografi Kelas Dunia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.