ANALISIS BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA LAGU KEBYAR-KEBYAR CIPTAAN GOMBLOH

Main Article Content

Chrisna
Suarta
I Ketut Lanus

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keberadaan tari Joged Pingitan di Banjar Senganan Kanginan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.Tari Joged Pingitan masuk kedalam tarian sakral yang dipercayai memiliki nilai religius dan magis yang kuat oleh masyarakat Banjar Senganan Kanginan. Nilai religius yang dimiliki dari tari Joged Pingitan dapat dilihat dari fungsinya sebagai tari wali/sakral untuk menjadi pengiring upacara.


Dalam penelitian ini mengangkat tiga permasalahan pokok, yaitu tentang keberadaan tari Joged Pingitan, fungsi tari Joged Pingitan, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab semua rumusan masalahdan menggali lebih dalam tentang tari Joged Pingitan.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tari Joged Pingitan di Banjar Senganan Kanginan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan keberadaannya sampai saat ini tetap dilestarikan, memiliki fungsi utama yaitu sebagai pengiring dan pelengkap pada saat upacara keagamaan dan mengandung banyak nilai-nilai seperti nilai estetika yang merupakan nilai keindahan, nilai religi, nilai pendidikan, dan nilai sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ririhena, C. A., Suarta, I. M., & Lanus, I. K. (2021). ANALISIS BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA LAGU KEBYAR-KEBYAR CIPTAAN GOMBLOH. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 1(2), 1-15. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v1i2.1494
Section
Articles

References

Miller, Hugh M. (eds). (2017). Apresiasi Musik. Jogjakarta: Thafa Media Yogyakarta.

Ningsih, Agung Ayu Andre. (2020). Estetika Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Lagu Bedak Uling Bangli Karya Dek Uli. Tugas Akhir (tidak dterbitkan). Jurusan Seni Drama Tari dan Musik, IKIP PGRI, Denpasar.

Soemanang, Muttaqin. (2013). Analisis Struktur Lagu “Puing” Karya Iwan Fals. Tugas akhir (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, Dan Musik, Universitas Negeri Semarang