Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti <p><strong>Journal title :</strong> Arthaniti Studies<br /><strong>Initials : </strong>ARTHAS<br /><strong>Frequency</strong> <strong> :</strong> 2 Issues every year (March and September)<br /><strong>ISSN :</strong> <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1607137846">2774-2415</a> (online) <br /><strong>Editor in Chief :</strong> <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6169307">Ni Luh Putu Cahayani, S.Pd., M.Pd</a><br /><strong>Publisher :</strong> Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia</p> <p><strong>Arthaniti</strong> <strong>Studies</strong> in collaboration with <a href="http://aspropendo.or.id/jurnal-anggota/"><strong>Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)</strong></a>.Arthaniti Studies contains scientific studies and research results in the fields of Economic Education, Economics, and Entrepreneurship. This journal is expected to be a forum for Lecturers, Researchers, Teachers and Observers of Economics and Entrepreneurship. </p> en-US putucahayani26@gmail.com (Ni Luh Putu Cahayani,S.Pd.,M.Pd) rees.jati.prakasa@gmail.com (Rees Jati Prakasa) Fri, 19 Sep 2025 02:49:21 +0000 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL STATION ROTATION DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI F9 PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN FISKAL di SMA NEGERI 6 DENPASAR https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4853 <p>Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa peserta didik memiliki gaya belajar yang beragam. Pada penelitian ini pokok masalah yang ditemukan adalah hasil belajar siswa pada materi kebijakan moneter dan fiskal belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model <em>Station Rotation </em>dengan Pendekatan Berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni kelas XI F9 di SMA Negeri 6 Denpasar. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata siswa 74,6 artinya nilai siswa pada prasiklus dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,8. Prasiklus ke siklus I peningkatan terjadi sebesar 4%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 82,9. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7%. Kesimpulannya model <em>station rotation </em>dengan pendekatan berdiferensiasi sesuai diterapkan pada kelas ini yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada materi kebijakan moneter dan fiskal.</p> Luh Putu Sumiantari -, Ni Luh Putu Yesy Anggreni, Luh De Liska, I Wayan Surya Saputra Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4853 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENERAPAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4946 <p>Rendahnya minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Denpasar menjadi permasalahan utama yang berdampak pada kurangnya partisipasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa melalui penerapan model <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) yang menekankan integrasi budaya lokal, nilai, dan pengalaman siswa ke dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X C, dengan objek berupa penerapan model pembelajaran CRT dalam mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis &amp; McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keaktifan siswa dari 44,9% menjadi 80,1%, serta peningkatan minat belajar dari skor rata-rata 3,4 menjadi 4,2. Temuan ini membuktikan bahwa model CRT efektif dalam menciptakan pembelajaran ekonomi yang kontekstual dan bermakna. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu mengintegrasikan pendekatan responsif budaya sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dan memperkuat identitas kultural mereka dalam pendidikan.</p> Ni Kadek Juni Tamani, Ni Wayan Widi Astuti , I Desak Nyoman Seri Adnyani Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4946 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 HUBUNGAN KETERGANTUNGAN CHATGPT DENGAN KEMANDIRIAN AKADEMIK SISWA SMPN 198 JAKARTA https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5233 <p>Semakin maraknya pemanfaatan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI), khususnya ChatGPT, telah mempermudah siswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Namun, kemudahan ini juga berpotensi menurunkan kemampuan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat ketergantungan siswa terhadap ChatGPT dengan kemandirian mereka dalam menyelesaikan tugas akademik, khususnya pada siswa kelas IX di SMPN 198 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel terdiri dari 147 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman dengan bantuan SPSS. Hasil menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara ketergantungan terhadap ChatGPT dan tingkat kemandirian akademik siswa, dengan koefisien korelasi sebesar -0,276 dan signifikansi 0,001. Artinya, semakin tinggi ketergantungan siswa terhadap ChatGPT, semakin rendah tingkat kemandiriannya dalam menyelesaikan tugas. Meskipun kekuatan hubungan termasuk lemah, hasil ini tetap signifikan secara statistik. Oleh karena itu, penggunaan ChatGPT oleh siswa perlu diarahkan secara bijak agar tidak melemahkan kemampuan berpikir kritis dan belajar mandiri. Guru dan orang tua diharapkan dapat membimbing siswa untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu, bukan sebagai ketergantungan.</p> <p> </p> <p>Abstract</p> <p><em>The increasing use of artificial intelligence (AI) technologies, particularly ChatGPT, has made it easier for students to complete academic tasks. However, this convenience may also reduce their independent learning abilities. This study aims to examine the relationship between students’ dependence on ChatGPT and their academic self-reliance, particularly among ninth-grade students at SMPN 198 Jakarta. This research used a quantitative approach with a correlational method. The sample consisted of 147 students selected through proportional random sampling. Data were collected using questionnaires that had been tested for validity and reliability. The analysis was conducted using Spearman's rank correlation with the help of SPSS software. The findings revealed a significant negative correlation between ChatGPT dependence and students' academic self-reliance, with a correlation coefficient of -0.276 and a significance level of 0.001. This indicates that the higher the students' dependence on ChatGPT, the lower their academic self-reliance. Although the strength of this correlation is weak, it is statistically significant. The study recommends that the use of ChatGPT be guided by teachers and parents to ensure it supports learning rather than undermining students’ ability to think critically and work independently.</em></p> Davina Andrea Rasthia Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5233 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 9 PADA MATA PELAJARAN IPS https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5251 <p>Sebagian siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Batujaya, Karawang, mengalami hambatan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sekitar 25% dari total siswa belum mampu memenuhi standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Situasi ini menandakan perlunya strategi pembelajaran yang lebih sesuai dan efektif dengan kebutuhan siswa. Salah satu pendekatan yang relevan adalah penerapan pembelajaran remedial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dari pelaksanaan pembelajaran remedial terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Secara teoritis, pembelajaran remedial merupakan layanan pendidikan yang dirancang secara sistematis untuk peserta didik yang mengalami hambatan akademik, dengan melalui proses identifikasi masalah dan pemberian intervensi pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Sampel berjumlah 75 siswa kelas IX yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, dokumentasi nilai akademik, dan observasi langsung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran remedial memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, ditandai dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial efektif dalam meningkatkan pencapaian akademik siswa, khususnya pada mata pelajaran</p> <p>IPS.</p> Ratna Amalia, A.E Yon, Eka Putri Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5251 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 THE EFFECT OF SELF-EFFICACY AND FINANCIAL LITERACY ON ENTREPRENEURIAL INTEREST OF ECONOMIC EDUCATION STUDENTS https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5253 <p>This study aims to analyze the effect of self-efficacy (X1) and financial literacy (X2) on entrepreneurial interest (Y) among 2021 cohort students of the Economic Education Study Program at Universitas Panca Sakti Bekasi. The research used a quantitative approach with a survey method involving 56 respondents selected from a population of 127 students using the Slovin formula with a 10 percent margin of error. The research instrument was a questionnaire tested for validity and reliability. Data were analyzed using multiple linear regression to determine partial and simultaneous effects. The results indicate that self-efficacy (X1) does not have a significant partial effect on entrepreneurial interest (Y), while financial literacy (X2) has a significant partial effect. Simultaneously, both variables significantly affect entrepreneurial interest (Y) with a contribution of 53.1 percent. These findings emphasize the importance of improving students’ financial literacy to enhance their entrepreneurial interest.</p> Putri Syahrani Ramadan Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5253 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRANSAKSI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SMPN 198 JAKARTA https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5309 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran transaksi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas 9 di SMPN 198 Jakarta. Media transaksi digital yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup sarana berbasis teknologi seperti QRIS, e-wallet, dan mobile banking yang digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual dalam memahami konsep ekonomi, khususnya materi tentang uang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sample berjumlah 134 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran transaksi digital berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 (&lt;0,05). Nilai R Square sebesar 3,6% menunjukkan bahwa pengaruhnya tergolong lemah. Meskipun demikian, media ini dapat menjadi sarana pembelajaran kontekstual yang relevan dengan kehidupan siswa.</p> Een Ernawati Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5309 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKL DI SMKN 3 JAKARTA https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5313 <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga (DAKL). Untuk memperoleh data, digunakan instrumen angket Efikasi Diri Akademik dan dokumentasi nilai hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 3 Jakarta sebanyak 72 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara efikasi diri akademik terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,092. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan secara statistik (t<sub>hitung</sub> = 1,229 &lt; t<sub>tabel </sub>= 1,669; signifikansi = 0,223 &gt; 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,021 menunjukkan bahwa efikasi diri akademik memberikan kontribusi sebesar 2,1% terhadap hasil belajar siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini memberikan makna bahwa efikasi diri akademik memiliki peran, meskipun kecil, dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa.</strong></p> Rosdiana Dewi Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5313 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENERAPAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI di SMA NEGERI 2 DENPASAR https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4936 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan pendekatan <em>Teaching at the Right Level (</em>TaRL) berbantuan media <em>Kahoot. </em>Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI D1 SMA negeri 2 Denpasar sebanyak 48 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dalam rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Rata- rata nilai peserta didik meningkat dari 78 pada siklus I menjadi 89 pada siklus II. Jumlah peserta didik yang tuntas meningkat dari 30 orang&nbsp; (63%) pada siklus I menjadi 44 orang (92%) pada siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan <em>Teaching at the Right Level (TaRL) </em>berbantuan media <em>Kahoot</em> efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p> Komang Dina Wati Dina, Ni Luh Putu Yesy Anggreni Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4936 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN TINGKAT LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FIS UPMI BALI https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5145 <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to analyze the extent to which the use of Artificial Intelligence (AI) and the level of digital literacy influence students’ critical thinking skills. The research subjects were students of the Economic Education Study Program at the Faculty of Social Sciences, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. A quantitative approach was employed, with data collected through questionnaires distributed to 50 respondents. The data analysis technique used was multiple linear regression. The findings revealed that individually, AI and digital literacy did not have a significant influence on critical thinking skills. However, when considered together, both variables showed a significant effect. The coefficient of determination value of 0.748 indicates that 74.8% of the variability in critical thinking skills is explained by these two variables. Therefore, the study concludes that the combined utilization of technology and digital literacy skills plays an important role in enhancing students’ critical thinking abilities.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Artificial Intelligence, digital literacy, critical thinking.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Linda Kulla, Ni Luh Putu Yesy Anggreni, Putu Siti Firmani Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5145 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPETENSI DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM DENPASAR BALI TAHUN AJARAN 2024/205 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5175 <p>This study aims to determine the effect of teacher competence on student learning outcomes at Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Denpasar Bali in the 2024/2025 Academic Year. The effect of teacher performance on student learning outcomes at Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Denpasar Bali in the 2024/2025 Academic Year. The effect of teacher competence and performance together on student learning outcomes at Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Denpasar Bali in the 2024/2025 Academic Year. This study uses a quantitative approach with data collection techniques of observation, interviews, documentation and questionnaires which took 100 respondents/students. The results of this study indicate that (1) There is a significant effect of competence on student learning outcomes at MTs. Miftahul Ulum Denpasar. This is proven by the t-value of 3.818 which means it is greater than the t-table of 1.984 (3.818 &gt; 1.984) meaning H0 is rejected and Ha is accepted, which means teacher competence (X1) has a significant partial influence on student learning outcomes (Y) at MTs. Miftahul Ulum Denpasar. (2) There is a significant influence of teacher performance on student learning outcomes at MTs. Miftahul Ulum Denpasar. This is proven by the t-value of 16.250 which means it is greater than the t-table of 1.984 (16.250 &gt; 1.984) which is in the H0 rejection area, meaning H0 is rejected and Ha is accepted, which means teacher performance (X2) has a significant partial influence on student learning outcomes (Y) at MTs. Miftahul Ulum Denpasar. (3) There is a significant influence of teacher competence and performance together on student learning outcomes at MTs. Miftahul Ulum Denpasar. This is proven by the value obtained by the F count value of 95.210 &gt; from F table, 95.210 &gt; 3.09 so that H0 is rejected and Ha is accepted. The results of the determination coefficient show that the Adjusted R Square is 0.766, which means that 76.6% of the variation in learning outcomes (Y) is influenced by teacher competence (X1) and teacher performance (X2) while the remaining 24.4% is influenced by other factors that are not included in the research model.</p> HOTIJAH, Ni Luh Putu Yesy Anggreni, Luh De Liska Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5175 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI EDI GARAGE https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4111 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Edi Garage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dalam pengumpulan data. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen. Data di analisis dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh secara parsial Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dari hasil uji thitung 15,103 &gt; ttabel 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05; (2) Ada pengaruh secara parsial Harga terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dari hasil uji thitung 14,979 &gt; ttabel 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05; (3) Ada pengaruh secara simultan Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dilihat dari hasil uji Fhitung &gt; Ftabel sebesar 144,749 &gt; 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan besarnya nilai Adjusted R square adalah sebesar 0,757 yang artinya 75,7% variasi Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Kualitas Produk dan Harga, sedangkan sisanya sebesar 24,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini. Berdasarkan analisis hipotesis, hipotesis yang menyatakan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dapat diterima, baik secara parsial maupun simultan.</p> Ismi Lutfi, I Ketut Sudana Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4111 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK REKAYASA DENPASAR https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4430 <p><em>The purpose of this study was to determine the significant effect of self-efficacy on the entrepreneurial learning outcomes of students at SMK Rekayasa Denpasar. The hypothesis proposed in this study is that there is a significant effect of self-efficacy on the entrepreneurial learning outcomes of students at SMK Rekayasa Denpasar. Based on the results of the analysis of the second hypothesis test, the t-count value was 3.459&gt; t table = 2.14 and had a significance of 0.004 &lt;0.05. It can be concluded that the Self Efficacy variable has a significant effect on the Student Learning Outcomes variable in the Entrepreneurship Subject of Class XI SMK Rekayasa Denpasar in the 2024/2025 Academic Year.</em></p> Ni Luh Putu Yesy Anggreni, I Putu Eka Indrawan, Ni Komang Sri Yuliastini Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4430 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK FST UPMI BALI SEMESTER V TAHUN AJARAN 2024/2025 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4581 <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa prodi PENJASKESREK FST UPMI Bali Semester V Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mendapat hasil yang akurat tentang Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha terhadap mahasiswa prodi PENJASKESREK FST UPMI Bali Semester V Tahun Ajaran 2024/2025. Adapun jenis pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan survey dan jenis korelasi. Dalam pengumpulan data untuk kemudian dianalisis, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data Kuisioner, yang kemudian di selanjutnya dilakukan analisis data Uji Regresi Linier, kemudian dilakukan Uji t. Hasil penelitian dapat disampaikan bahwa Pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa prodi PENJASKESREK FST UPMI Bali Semester V </strong></p> Ni Wayan Ary Rusitayanti, Ni Made Miliati, Ni Luh Putu Cahayani Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/4581 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN DENGAN MODERASI LINGKUNGAN KERJA https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5153 <p>This study aims to analyze the influence of compensation and work motivation on employee job satisfaction, as well as to evaluate the role of the work environment as a moderating variable at PT. Atika Mandiri. The research was motivated by the initial findings of low job satisfaction levels, indicated by a high turnover rate and negative employee perceptions of compensation, motivation, and the work environment. A quantitative approach was employed with a census method involving all 90 employees as respondents. Data were collected using a questionnaire, and the data analysis was conducted using Structural Equation Modeling based on Partial Least Squares (SEM-PLS) with the assistance of SmartPLS 3.0 software. The results showed that both compensation and work motivation have a positive and significant effect on job satisfaction. Furthermore, the work environment was found to moderate the relationship between compensation and job satisfaction but did not moderate the relationship between work motivation and job satisfaction. These findings suggest that a supportive work environment can strengthen the positive impact of compensation on job satisfaction but does not significantly enhance the effect of motivation. The practical implication highlights the importance of fair compensation policies and a conducive work environment to sustainably improve employee job satisfaction.</p> <p>Keywords: compensation, work motivation, job satisfaction, work environmen</p> <p>t.</p> Serniati Bulu, I Ketut Westra, I Dewa Gede Kresna Wirawan Copyright (c) 2025 Arthaniti Studies https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/5153 Fri, 19 Sep 2025 00:00:00 +0000