PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKL DI SMKN 3 JAKARTA

Authors

  • Rosdiana Dewi Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.5313

Keywords:

Efikasi Diri Akademik, Hasil Belajar Akuntansi SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga (DAKL). Untuk memperoleh data, digunakan instrumen angket Efikasi Diri Akademik dan dokumentasi nilai hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 3 Jakarta sebanyak 72 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara efikasi diri akademik terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,092. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan secara statistik (thitung = 1,229 < ttabel = 1,669; signifikansi = 0,223 > 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,021 menunjukkan bahwa efikasi diri akademik memberikan kontribusi sebesar 2,1% terhadap hasil belajar siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini memberikan makna bahwa efikasi diri akademik memiliki peran, meskipun kecil, dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Rosdiana Dewi. (2025). PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKL DI SMKN 3 JAKARTA. Arthaniti Studies, 6(2), 131–137. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.5313