PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRANSAKSI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SMPN 198 JAKARTA

Authors

  • Een Ernawati Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.5309

Keywords:

Digital Transaction Media, Learning Outcomes, Social Studies, Junior High School Students

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran transaksi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas 9 di SMPN 198 Jakarta. Media transaksi digital yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup sarana berbasis teknologi seperti QRIS, e-wallet, dan mobile banking yang digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual dalam memahami konsep ekonomi, khususnya materi tentang uang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sample berjumlah 134 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran transaksi digital berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 (<0,05). Nilai R Square sebesar 3,6% menunjukkan bahwa pengaruhnya tergolong lemah. Meskipun demikian, media ini dapat menjadi sarana pembelajaran kontekstual yang relevan dengan kehidupan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Ernawati, E. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRANSAKSI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SMPN 198 JAKARTA. Arthaniti Studies, 6(2), 125–130. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.5309