PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 9 PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Ratna Amalia Universitas Panca Sakti Bekasi
  • A.E Yon
  • Eka Putri

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.5251

Keywords:

Pembelajaran Remidial, Prestasi Belajar IPS, Regresi

Abstract

Sebagian siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Batujaya, Karawang, mengalami hambatan dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sekitar 25% dari total siswa belum mampu memenuhi standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Situasi ini menandakan perlunya strategi pembelajaran yang lebih sesuai dan efektif dengan kebutuhan siswa. Salah satu pendekatan yang relevan adalah penerapan pembelajaran remedial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dari pelaksanaan pembelajaran remedial terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Secara teoritis, pembelajaran remedial merupakan layanan pendidikan yang dirancang secara sistematis untuk peserta didik yang mengalami hambatan akademik, dengan melalui proses identifikasi masalah dan pemberian intervensi pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Sampel berjumlah 75 siswa kelas IX yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, dokumentasi nilai akademik, dan observasi langsung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran remedial memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, ditandai dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial efektif dalam meningkatkan pencapaian akademik siswa, khususnya pada mata pelajaran

IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Ratna Amalia, A.E Yon, & Eka Putri. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 9 PADA MATA PELAJARAN IPS. Arthaniti Studies, 6(2), 107–115. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.5251