PENERAPAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI di SMA NEGERI 2 DENPASAR

Authors

  • Komang Dina Wati Dina Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Putu Yesy Anggreni Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.4936

Keywords:

Teaching at the Right Level (TaRL), Kahoot, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media Kahoot. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI D1 SMA negeri 2 Denpasar sebanyak 48 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dalam rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Rata- rata nilai peserta didik meningkat dari 78 pada siklus I menjadi 89 pada siklus II. Jumlah peserta didik yang tuntas meningkat dari 30 orang  (63%) pada siklus I menjadi 44 orang (92%) pada siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media Kahoot efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Dina, K. D. W., & Ni Luh Putu Yesy Anggreni. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI di SMA NEGERI 2 DENPASAR. Arthaniti Studies, 6(2), 138–143. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.4936