PENERAPAN MODEL STATION ROTATION DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI F9 PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN FISKAL di SMA NEGERI 6 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.4853Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Berdiferensiasi, Model Stasiun RotasiAbstract
Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa peserta didik memiliki gaya belajar yang beragam. Pada penelitian ini pokok masalah yang ditemukan adalah hasil belajar siswa pada materi kebijakan moneter dan fiskal belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Station Rotation dengan Pendekatan Berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni kelas XI F9 di SMA Negeri 6 Denpasar. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata siswa 74,6 artinya nilai siswa pada prasiklus dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,8. Prasiklus ke siklus I peningkatan terjadi sebesar 4%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 82,9. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7%. Kesimpulannya model station rotation dengan pendekatan berdiferensiasi sesuai diterapkan pada kelas ini yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada materi kebijakan moneter dan fiskal.