Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda Kota Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4321Keywords:
Kearifan Lokal, Karakter, Generasi MudaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam strategi pengembangan karakter generasi muda di Kota Denpasar. Dalam konteks modernisasi, nilai-nilai budaya seperti Tri Hita Karana, gotong royong (ngayah), tata krama, dan adat istiadat Bali semakin relevan sebagai upaya pembentukan individu yang bermoral dan beridentitas budaya. Melalui hasil pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (Library Research). Nilai-nilai kebudayaan yang dianut oleh masyarakat diidentifikasi sebagai landasan utama pengembangan karakter. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai strategi integrasi, termasuk inklusi dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, kemitraan dengan tokoh adat, serta proyek lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kearifan lokal mampu memperkuat karakter siswa sekaligus menjaga kelestarian budaya lokal. Dengan kolaborasi yang efektif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, generasi muda Denpasar dapat tumbuh menjadi individu yang berintegritas tanpa kehilangan akar budaya mereka. Implikasi dari penelitian ini yaitu mencakup peningkatan kolaborasi dengan berbagai elemen sosial dalam pengembangan pendidikan karakter berlandaskan kearifan lokal.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2025-03-25
How to Cite
Luh De, L., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda Kota Denpasar. Arthaniti Studies, 6(1), 29-34. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4321
Issue
Section
Articles