Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda Kota Denpasar

Authors

  • Liska Luh De Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4321

Keywords:

Kearifan Lokal, Karakter, Generasi Muda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam strategi pengembangan karakter generasi muda di Kota Denpasar. Dalam konteks modernisasi, nilai-nilai budaya seperti Tri Hita Karana, gotong royong (ngayah), tata krama, dan adat istiadat Bali semakin relevan sebagai upaya pembentukan individu yang bermoral dan beridentitas budaya. Melalui hasil pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (Library Research). Nilai-nilai  kebudayaan  yang  dianut  oleh  masyarakat  diidentifikasi  sebagai  landasan  utama  pengembangan karakter. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai strategi integrasi, termasuk inklusi dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, kemitraan dengan tokoh adat, serta proyek lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kearifan lokal mampu memperkuat karakter siswa sekaligus menjaga kelestarian budaya lokal. Dengan kolaborasi yang efektif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, generasi muda Denpasar dapat tumbuh menjadi individu yang berintegritas tanpa kehilangan akar budaya mereka. Implikasi dari penelitian ini yaitu mencakup peningkatan kolaborasi dengan berbagai elemen sosial dalam pengembangan pendidikan karakter berlandaskan kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-25

How to Cite

Luh De, L., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda Kota Denpasar. Arthaniti Studies, 6(1), 29-34. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4321