Banten Pejati: Kajian Etnopedagogi Budaya Bali dalam Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Ni Luh Putu Yesy Anggreni

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4272

Keywords:

Banten Pejati, Etnopedagogi, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini mengkaji Banten Pejati sebagai wujud kearifan lokal masyarakat Bali melalui pendekatan etnopedagogi dalam pembelajaran ekonomi. Banten Pejati tidak hanya memiliki nilai religius, tetapi juga mencerminkan konsep-konsep ekonomi seperti produksi, distribusi, dan konsumsi yang berakar pada budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam proses pembelajaran ekonomi sehingga memberikan pemahaman kontekstual kepada siswa tentang teori ekonomi dalam kehidupan nyata. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengeksplorasi makna simbolik dan nilai edukatif yang terkandung dalam Banten Pejati. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan tokoh adat, guru, dan siswa, serta observasi langsung pada praktik budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Banten Pejati dalam pembelajaran ekonomi mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap prinsip-prinsip ekonomi secara holistik, memperkuat identitas budaya, serta membentuk sikap kritis dan bijak dalam pengelolaan sumber daya. Studi ini merekomendasikan penerapan pendekatan etnopedagogi untuk mendukung kurikulum berbasis budaya lokal guna menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan dengan konteks sosial-budaya siswa.

 

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Anggreni, N. L. P. Y. . (2025). Banten Pejati: Kajian Etnopedagogi Budaya Bali dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Arthaniti Studies, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4272