PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI EDI GARAGE
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthas.v6i2.4111Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Edi Garage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dalam pengumpulan data. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen. Data di analisis dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh secara parsial Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dari hasil uji thitung 15,103 > ttabel 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh secara parsial Harga terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dari hasil uji thitung 14,979 > ttabel 1,98 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05; (3) Ada pengaruh secara simultan Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dilihat dari hasil uji Fhitung > Ftabel sebesar 144,749 > 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan besarnya nilai Adjusted R square adalah sebesar 0,757 yang artinya 75,7% variasi Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Kualitas Produk dan Harga, sedangkan sisanya sebesar 24,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini. Berdasarkan analisis hipotesis, hipotesis yang menyatakan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dapat diterima, baik secara parsial maupun simultan.