Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Ratna Wartha Tahun Pelajaran 2022/2023
Implementation of the Team Assisted Individualization Learning Model to Improve the Activities and Learning Outcomes of Crafts and Entrepreneurship for Class XI Students at Ratna Wartha Vocational School for the 2022/2023 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthas.v4i2.3140Keywords:
Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Aktivitas dan hasil belajar Prakarya Dan KewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMK Ratna Wartha melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan, tiap kali pertemuan untuk pemaparan materi dan satu kali pertemuan untuk evaluasi hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah Kelas XI AP 2 SMK Ratna Wartha tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian siklus I dimana jumlah siswa yang tuntas 19 siswa (57,58%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa (42,42%). Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 49,61% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,57, daya serap 74,57% dan ketuntasan klasikal yang mrncapai 57,58%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa (87,88%) dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa (12,12%), dimana untuk siswa yang tidak tuntas diberikan tugas tambahan berupa tugas individu untuk melengkapi nilai siswa yang tidak tuntas. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 79,53% dengan nilai rata-rata hasil belajar 79,54, daya serap 79,54% dan ketuntasan klasikalnya adalah 87,88%.