Pengaruh Praktik Kewirausahaan Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthas.v4i2.3116Keywords:
Praktik Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, Minat BerwirausahaAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha di SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dalam pengumpulan data. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 219 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh secara parsial Praktik Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha yang dibuktikan dari hasil uji thitung 16,626 > ttabel 2,26 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh secara parsial Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha yang dibuktikan dari hasil uji thitung 21,000 > ttabel 2,26 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05; (3) Ada pengaruh secara simultan Praktik Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha dilihat dari hasil uji Fhitung > Ftabel sebesar 272,918 > 3,04 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya nilai Adjusted R square adalah sebesar 0,714 yang artinya sebesar 71,4% variasi Minat Berwirausaha dipengaruhi oleh Praktik Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial, sedangkan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam variabel penelitian ini.
Kata Kunci : Praktik Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, dan Minat Berwirausaha