Pengaruh Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penetapan Harga Produk Kain Rangrang Di Desa Pejukutan Nusa Penida

Effect of Product Innovation and Marketing Strategy Regarding the Pricing of Rangrang Fabric Products In the village of Pejukutan Nusa Penida

Authors

  • Ni Wayan Sri Pitria Amelisa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Diah Asrida Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Siti Firmani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7789002

Keywords:

Inovasi, Pemasaran, Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan strategi pemasaran terhadap penetapan harga produk kain rangrang di Desa Pejukutan Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 60 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Variabel inovasi produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap penetapan harga produk yang dibuktikan dengan hasil uji t-hitung sebesar 3,056 lebih besar dari t-tabel yaitu 1,980 dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05; (2) Variabel strategi pemasaran berpengaruh signifikan secara parsial terhadap penetapan harga produk yang dibuktikan dengan hasil uji t-hitung sebesar 2,271 lebih besar dari t-tabel yaitu 1,980 dengan nilai signifikan 0,012<0,005; (3) Variabel inovasi produk dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan secara simultan terhadap penetapan harga produk yang dibuktikan dengan nilai F-hitung sebesar 4,784 lebih besar dari F-tabel yaitu 3,17 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05; Hasil koefisien determinasi dengan metode Adjusted R Square sebesar 0,631 yang artinya 61,3% variabel penetapan harga produk (Y) dipengaruhi inovasi produk (X1) dan strategi pemasaran (X2) sedangkan sisanya 38,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-31

How to Cite

Ni Wayan Sri Pitria Amelisa, Putu Diah Asrida, & Putu Siti Firmani. (2023). Pengaruh Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penetapan Harga Produk Kain Rangrang Di Desa Pejukutan Nusa Penida: Effect of Product Innovation and Marketing Strategy Regarding the Pricing of Rangrang Fabric Products In the village of Pejukutan Nusa Penida. Arthaniti Studies, 4(1), 53-58. https://doi.org/10.5281/zenodo.7789002