Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prouk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7784874Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Peneliti mempunyai tujuan meningkatkan hasil belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sukawati lewat implementasi sistem pembelajaran Problem Based Learning tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, dimana pada tiap siklus mencakup empat kali pertemuan, tiga kali pertemuan pemaparan materi serta satu pertemuan untuk pengevaluasian capaian belajar siswa. Subjek penelitian yakni kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2022/2023 dengan total 27 siswa. Objek penelitian ini yakni penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sukawati.
Adapun data siswa sebelum dijalankan siklus I serta II yakni total siswa yang nilainya tuntas berjumlah 11 orang siswa (40,75%) serta yang tidak tuntas berjumlah 16 orang siswa 59,26% dengan rata-rata hasil belajar siswa 71,70 daya serap 71,70% serta ketuntasan klasikal 40,75%. Temuan penelitian di siklus I yaitu total siswa yang nilainya tuntas berjumlah 12 orang (44,44%) serta yang tidak tuntas 15 orang (55,56%) dimana rata-ratanya bernilai 72,07 daya serapnya 72,07% dan ketuntasan kalasikal mencapai 44,44%. Pada siklus II diperoleh rata-rata 78,07 daya serap 78,07% dan ketuntasan klasikal 100. Kesimpulan dapat diambil dari penelitian ini yakni implementasi model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan capaian belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Sukawati pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan tahun pelajaran 2022/2023.