Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Digital Marketing Pada Crème Pastry di Denpasar Barat Tahun 2022
Instagram Utilization as a Digital Marketing Promotion Media at Crème Pastry in Denpasar Barat 2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7776553Keywords:
Promosi, Pemasaran Digital, InstagramAbstract
Abstrak. Perkembangan teknologi informasi kini memanfaatkan teknologi digital berbasis internet untuk melakukan pemasaran produk atau jasa kepada para konsumen. Pemasaran digital (digital marketing) merupakan suatu proses dalam mempromosikan dan menemukan pasar melalui media digital dengan berbasis jejaring sosial. Pemasaran dengan teknologi melalui media aplikasi Instagram berupa promosi dalam bentuk konten-konten yang beragam terkait produk atau jasa. Pada penelitian ini mebahas tentang pemanfaatan Instagram sebagai media promosi digital marketing pada Creme Pastry. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa perencanaan pemanfaatan Instagram pada Creme Pastry adalah menganalisis masalah, menganalisis khalayak, menentukan tujuan, dan mengembangkan rencana atau kegiatan untuk pencapaian tujuan. Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media promosi digital yang dilakukan pada Crème Pastry adalah memanfaatkan fitur upload foto dan video, serta aktif membalas komentar dari konsumen maupun pengguna Instagram. Hasil evaluasi pemanfaatan Instagram adalah penjualan Crème Pastry menjadi meningkat, dan juga banyak permintaan untuk membuka cabang store untuk di beberapa kota, sesuai dengan permintaan konsumen.