Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022
Implementation Of Articulation Learning Models In Improving Product Learning Outcomes Creative And Entrepreneurship In Students Class XI Of PGRI 2 Denpasar Vocational School Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7776385Keywords:
Artikulasi, PKWUAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menerapkan model pembelajara Artikulasi pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang didalamnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,14, daya serap siswa 75,14% dan ketuntasan klasikal mencapai 57,14%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 3,51 yaitu dari 72,43 pada refleksi awal menjadi 75,14 pada siklus I. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,43, daya serap siswa 81,43% dan ketuntasan klasikal mencapai 91,43%. Untuk rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 58,29% dengan kategori cukup aktif, dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 70,86% dengan kategori aktif. Dari penjabaran siklus I dan siklus II diketahui bahwa Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK PGRI 2 Denpasar.