Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI PH 1 SMK Werdhi Sila Kumara Tahun Pelajaran 2021/2022
Application of Problem-Based Learning Models to Improve Learning Achievement for Creative Products and Entrepreneurship for Class XI PH 1 Students of Werdhi Sila Kumara Vocational School Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7772849Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, PrestasiAbstract
Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI PH 1 SMK Werdhi Sila Kumara Tahun Pelajaran 2021/2022. Refleksi awal menunjukkan rata-rata hasil belajar kewirausahaan hanya mencapai 64,79, daya serap 64,79%, serta ketuntasan klasikal adalah 20,83%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar kewirausahaan mengalami peningkatan mencapai 71,96, daya serap 71,96%, dan ketuntasan klasikal 45,83%, namun beberapa siswa masih mendapat nilai dibawah KKM, sehingga peneliti mengadakan siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,63, dengan daya serap 79,63% dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Untuk rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 42,50% dengan kategori cukup aktif, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,50% dengan kategori aktif.