Pengaruh Karakter dan Keterlibatan Orang Tua Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X IPS SMA Dharma Praja Tahun Ajaran 2021/2022
The Influence of Student Character And Parental Involvement On Economic Learning Achievement In Class 10 Social Sciences At SMA Dharma Praja For The Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7122432Keywords:
karakter siswa, keterlibatan orang tua siswa, prestasi belajarAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui “Pengaruh Karakter Siswa Dan Keterlibatan Orang Tua Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X IPS SMA Dharma Praja Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 48 siswa dan jumlah sampel sebanyak 48 orang siswa kelas X IPS SMA Dharma Praja Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan 48 responden, melalui metode observasi, dokumentasi, kuesioner, wawancara. Hasil dari pengujian ini bahwa (1) variabel Karakter Siswa berpengaruh signifikan terhadp prestasi belajar yang dibuktikan dengan hasil uji t-hitung sebesar 2,249 > t-tabel 2,014 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Variabel Keterlibatan Orang Tua Siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji t-hitung sebesar 2,791 > t-tabel 2,014 dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. (3) Faktor Karakter Siswa Dan Keterlibatan Orang Tua Siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan niali F-hitung 6,420 > F-tabel 3,20 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukan Adjusted R Square sebesar 0,561 yang artinya 56,1% variasi prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh karakter siswa (X1) dan keterlibatan orang tua siswa (X2). Sedangkan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian.
Kata kunci : karakter siswa, keterlibatan orang tua siswa, dan prestasi belajar.