Penerepan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pemberian Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS 3 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Implementation Of The Student Facilitator And Explaining Learning Model With Rewards To Increase Economic Learning Outcomes For Class XI IPS 3 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar Academic Year 2021/2022

Authors

  • Karolina Jeni universitas PGRI mahadewa indonesia
  • Ni Nyoman Murniasih

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7128694

Keywords:

Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Reward, Hasil Belajar Siswa dan Ekonomi

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 3 SMA (SLUA) ​​Saraswati 1 Denpasar selama tahun ajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan pemberian Reward. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah nama yang diberikan untuk jenis penelitian ini, yang dilakukan dalam dua siklus. Ada  empat pertemuan dalam setiap siklus, tiga dikhususkan untuk penyajian materi, dan satu pertemuan digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Kelas XI IPS 3 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar adalah subjek dalam penelitian ini.  Penelitian ini akan melibatkan 30 siswa.  Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pemberian Reward dan hasil belajar ekonomi. Data awal siswa sebelum melakukan tindakan siklus I dan II menunjukkan bahwa 10 siswa yang tuntas ( 33,33%) dan 20 siswa yang tidak tuntas (66,67%), dengan nilai  rata-rata 71,96. Hasil penelitian pada siklus I dimana jumlah siswa yang tuntas adalah 17 orang ( 56,67%) dan yang tidak tuntas adalah 13 orang ( 43,33%). Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 52,77% dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 74,4, daya serap 74,4% dan ketuntasan klasikal mencapai 56,67%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 30 siswa (100%) dan yang tidak tuntas adalah 0 siswa (0%). Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 83,32% dengan nilai rata-rata hasil belajar 80,83, daya serap 80,83% dan ketuntasan klasikalnya adalah 100%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-09-30

How to Cite

Karolina Jeni, & Ni Nyoman Murniasih. (2022). Penerepan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pemberian Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS 3 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022: Implementation Of The Student Facilitator And Explaining Learning Model With Rewards To Increase Economic Learning Outcomes For Class XI IPS 3 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar Academic Year 2021/2022. Arthaniti Studies, 3(2), 125-131. https://doi.org/10.5281/zenodo.7128694