Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2021/2022
The Application of Blended Learning Method to Improve the Economic Learning Result at X IPS 2 in SMA Negeri 1 Blahbatuh 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7122709Keywords:
Hasil Belajar Ekonomi, Model Pembelajaran Blended LearningAbstract
Abstrak. Penelitian bertujuan mencari tahu capaian belajar peserta didik atas mata pelajaran ekonomi lewat implementasi model pembelajaran blended learning di kelas X IPS 2 di SMAN 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dijalankan melalui dua siklus, dimana masing-masing siklus mencakup empat pertemuan, tiga pertemuan guna pemaparan materi serta satu pertemuan guna pengevaluasian capaian belajar peserta didik. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas X IPS 2 SMAN 1 Blahbatuh sejumlah 35 orang, objek pada penelitian ini yakni model pembelajaran blended learning juga hasil belajar siswa. Adapun data diperoleh dari pengamatan, wawancara, dokumentasi, serta tes.
Berdasarkan temuan penelitian, dari data pertama sebelum diterapkan PTK, peserta didik yang memperoleh nilai tuntas sejumlah 11 orang, serta yang tidak tuntas yaitu 24 orang dimana nilai reratanya yakni 66 yang menunjukkan capaian belajar siswa rendah. Di siklus I timbul peningkatan dimana total siswa yang nilainya tuntas 18 siswa dengan nilai rata-rata 69, daya serap 69%, serta ketuntasan klasikal 51%. Sesudah diterapkan siklus I, cukup banyak peserta didik yang memperoleh nilai tak mencapai KKM. Di siklus II capaian belajar siswa meningkat, dimana siswa yang nilainya tuntas naik menjadi 34 siswa dimana jumlah rerata 74, dengan daya serap 74% serta ketuntasan klasikal 97%. Dapat disimpulkan dari refleksi awal, impplementasi model blended learning mampu menaikkan capaian belajar siswa untuk mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 SMAN 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2021/2022.