Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepercayaan, dan Kepuasan Anggota Terhadap Loyalitas Anggota di KSU Desa Peguyangan Kangin Tahun 2021-2022
The Effect of Service Quality, Trust Level, and Member Satisfaction on Member Loyalty at KSU Peguyangan Kangin Village 2021-2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7122456Keywords:
Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepercayaan, Kepuasan Anggota, Loyalitas AnggotaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepercayaan, dan Kepuasan Anggota terhadap Loyalitas Anggota di KSU Desa Peguyangan Kangin Tahun 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal melalui metode observasi, wawancara dan kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 orang. Data analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi (Adjust R square). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Variabel Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota (Y) hal ini didasari oleh uji t sebesar 10,391 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, (2) Variabel Tingkat Kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota (Y) hal ini didasari oleh uji t sebesar 9,530 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, (3) Variabel Kepuasan Anggota (X3) berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota (Y) hal ini didasari oleh uji t sebesar 13,441 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, (4) Variabel Kualitas Pelayanan (X1), Tingkat Kepercayaan (X2), dan Kepuasan Anggota (X3) berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota (Y) hal ini didasari oleh uji F sebesar 98,128 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, (5) hasil koefisien uji determinasi menggunakan metode Adjust R square yaitu sebesar 78,2% kualitas pelayanan (X1), tingkat kepercayaan (X2), dan kepuasan anggota (X3) berpengaruh terhadap loyalitas anggota (Y) sedangkan sisanya sebesar 21,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam variable penelitian. Sehingga berdasarkan hasil uji diatas dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1), Tingkat Kepercayaan (X2), dan Kepuasan Anggota (X3) terhadap Loyalitas Anggota (Y).