Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Di Sekolah Dan Sumber Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021
The Influence of Student Activity in Organizations in Schools and Student Learning Resources on Economic Learning Achievements of Class X Social Sciences at SMA PGRI 2 Denpasar Academic Year 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6396019Keywords:
Keaktifan Siswa dalam Organisasi di Sekolah, Sumber Belajar siswa, Prestasi BelajarAbstract
Keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah merupakan proses pembelajaran dimana siswanya melakukan pengamatan sendiri, pengalaman sendiri, penyelidikan sendiri, bekerja sendiri, aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasannya dan untuk bisa mampu berinteraksi dengan lingkungan. Dan sumber belajar siswa dalam proses pembelajaraan juga berperan penting terhadap prestasi belajar. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang. Prestasi dapat diartikan sebagai suatu hasil dari usaha atau ketekunan yang dilakukan dalam setiap kegiatan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 96 orang siswa.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi di Sekolah (X1) terhadap Prestasi Belajar (Y). Diketahui bahwa nilai thitung 4,770 > ttabel= 1,985 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05.2) ada pengaruh Sumber Belajar Siswa (X2) yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y). Diketahui bahwa nilai thitung 6,229 >ttabel 1,985 dengan nilai signifikan 0,004<0,05. 3) ada pengaruh Sumber Belajar Siswa (X2) yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y). .Diketahui bahwa nilai Fhitung 42,451>Ftabel 3,09 dengan nilai signifikansi 0,002 <0,05.