Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Serba Usaha Sedhana Wiguna Werdhi
Analysis Of The Influence Of The Marketing Mix On The Decision To Become A Member Of A Member Of A Business Cooperative Sedhana Wiguna Werdhi
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5546695%20Keywords:
Product, Price, Place, Promotion dan Keputusan Menjadi AnggotaAbstract
Penelitian ini disusun untuk mendapatkan dan mengetahui : (1) hasil pengaruh product terhadap sebuah keputusan menjadi anggota koperasi serba usaha sedhana wiguna werdhi, (2) pengaruh price terhadap keputusan menjadi anggota koperasi serba usaha sedhana wiguna werdhi, (3) pengaruh place terhadap keputusan menjadi anggota koperasi serba usaha sedhana wiguna werdhi, (4) pengaruh promotion terhadap keputusan menjadi anggota koperasi serba usaha sedhana wiguna werdhi, (5) hasil pengaruh dari variabel product, price, place, promotion terhadap sebuah keputusan menjadi anggota koperasi serba usaha sedhana wiguna werdhi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel Product (X1) memiliki nilai ttabel 6,368.(2) variabel Price (X2) memiliki nilai ttabel 3,795. (3) variabel Place (X3) memiliki nilai ttabel 3,896. (4) variabel Promotion (X4) memiliki nilai ttabel 13,373, hal ini membuktikan bahwa keempat variabel bebas tersebut sangat berpengaruh terhadap variabel terikat (Y) karean masing-masing dari nilai variabel tersebut telah melebihi nilai ttabel yaitu 2,004 (5) variabel Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Serba Usaha Sedhana Wiguna Werdhi (Y) nilai Fhitung 47,236 lebih besar daripada Ftabel yaitu 2,54. (4) hasil uji determinasi diketahui bahwa besarnya Adjusted R Square 0,758 yang artinya sebesar 75,8% variabel Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Serba Usaha Sedhana Wiguna Werdhi (Y) dipengaruhi Product (X1), Price (X2), Place (X3), dan Promotion (X4).