Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020
Thesis To Meet Some of the Requirements to Obtain Bachelor Degree in Economic Education at the Faculty of Social Sciences Education
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1064Keywords:
Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2,dan XI IPS 3 yang berjumlah 102 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari uji test di ketahui bahwa nilai rhitung sebesar 0,691 lebih besar dari rtabel yaitu 0,218 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari uji test di ketahui bahwa nilai rhitung sebesar 0,570 lebih besar dari rtabel yaitu 0,218. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis uji Fhitung di peroleh nilai Fhitung sebesar 68,398 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,12, Dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05,