Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020

Thesis To Meet Some of the Requirements to Obtain Bachelor Degree in Economic Education at the Faculty of Social Sciences Education

Authors

  • R.H.Harung Marselina Pendidikan Ekonomi
  • Widi Astuti Ni Wayan Pendidikan Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1064

Keywords:

Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020.Populasi dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2,dan XI IPS 3 yang berjumlah 102 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari uji test  di ketahui bahwa nilai rhitung  sebesar 0,691 lebih besar dari rtabel yaitu 0,218 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari uji test  di ketahui bahwa nilai rhitung  sebesar 0,570 lebih besar dari rtabel  yaitu 0,218. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 3)  Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis uji Fhitung di peroleh nilai Fhitung  sebesar 68,398 lebih besar dari Ftabel  yaitu 3,12, Dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05,

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-24

How to Cite

Marselina, R. ., & Ni Wayan, W. A. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020: Thesis To Meet Some of the Requirements to Obtain Bachelor Degree in Economic Education at the Faculty of Social Sciences Education. Arthaniti Studies, 1(2), 76-83. https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1064