Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII K3 SMK Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2019/2020
Application of Cooperative Learning Model Type Numbered Head Together To Improve Student Learning Outcomes in Entrepreneurship Subjects in Class XII K3 of SMK Negeri 3 Sukawati in the 2019/2020 Academic Year.
DOI:
https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1060Keywords:
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT, Hasil Belajar KewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XII K3 SMK Negeri 3 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I skor rata-rata siswa kelas XII K3 semester II tahun pelajaran 2019/2020 dalam mata pelajaran kewirausahaan adalah 2.067 dengan rata-rata 71,27 (2.067:29) dengan total daya serap siswa 71,27 (71,27:100x100%) dan ketuntasan klasikal 59% (17:29x100%). Pada siklus II skor rata-rata siswa kelas XII K3 Semester II tahun pelajaran 2019/2020 dalam mata pelajaran kewirausahaan adalah sebesar 2.241 dengan rata-rata 77,27 (2.241:29) dengan daya serap 77,27% (77,27:100x100%) dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 93% (27:29x100%). Berdasarkan Siklus I dan Siklus II rata-rata hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XII K3 SMK Negeri 3 Sukawati Tahun pelajaran 2019/2020.