Penerapa Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS I SMA Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Implementation of Learning Cycle 5e Learning Model Can Improve Economic Learning Outcomes Grade X IPS I High School Students Dharma Praja Denpasar Academic Year 2019/2020

Authors

  • Ganggul Kristianus Pendidikan Ekonomi
  • Oka Sudarsana Ida Bagus Pendidikan Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1059

Keywords:

Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas X IPS SMA Dharma Praja Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS I SMA Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Setelah diterapkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada siklus I mengalami peningkatan jumlah nilai menjadi 2,585 dengan rata-rata 73,85 Daya serap 73,85% serta ketuntasan klasikal 68,57. Pada siklus II Hasil belajar siswa semester II kelas X IPS I SMA Dharma Praja Denpasar mengalami peningkatan nilai yang sangat memuaskan yaitu 2.819 dengan rata-rata 80,54 Daya serap 80,54% dan ketuntasan klasikal 91,42%Berdasarkan hasil belajar pda refleksi awal, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi S

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-24

How to Cite

Kristianus, G., & Ida Bagus, O. S. (2021). Penerapa Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS I SMA Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020: Implementation of Learning Cycle 5e Learning Model Can Improve Economic Learning Outcomes Grade X IPS I High School Students Dharma Praja Denpasar Academic Year 2019/2020. Arthaniti Studies, 1(2), 4-46. https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1059