Pengaruh Relationship Marketing Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020

The Effect of Relationship Marketing and Employee Loyalty on Customer Satisfaction at a Supermarket Store Papaya Fresh Gallery Bali 2020

Authors

  • Nuk Oliva Pendidikan Ekonomi
  • Ardana Adnya I Gusti Bagus Pendidikan Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1052

Keywords:

Relationship Marketing, , Loyalitas Karyawan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Relationship  Marketing  Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery  Bali Tahun 2020, (2) Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020, dan(3) Pengaruh Relationship Marketing dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery  Bali Tahun 2020. Berdasarkan hasil analisis data dengan analisis korelasi product moment, diperoleh hasil X1 (Relationship Marketing) dengan Y (KepuasanPelanggan) sebesarryx=0,477dan hasil analisis X2 (LoyalitasKaryawan) dengan Y (Kepuasan Pelanggan) diperoleh sebesar rxy = 0,399. Berdasarkan koefisien korelasi tersebut, maka nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini telah melebihi angka batas penolakan Hipotesis Nol (Ho) yaitu 0,300, jadi rxy adalah signifikan dengan taraf 10% dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa (1) “Ada Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020”, (2) “Ada Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020”.Sedangkan hasil analisis regresi diperoleh hasil Ry(1,2) sebesar 0,555 dan Ry2(1,2) sebesar 0,308.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-24

How to Cite

Oliva, N., & I Gusti Bagus, A. A. . (2021). Pengaruh Relationship Marketing Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020: The Effect of Relationship Marketing and Employee Loyalty on Customer Satisfaction at a Supermarket Store Papaya Fresh Gallery Bali 2020. Arthaniti Studies, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.59672/arthaniti.v1i2.1052